Utamakan bayar hutang jika Anda sudah punya uang

Utamakan bayar hutang jika Anda sudah punya uang

Image > Google.com

Terkadang disaat kita lagi kesempitan dengan masalah kebutuhan sehari-hari, seseorang seolah jadi pahlawan untuk membantu kita meski nantinya akan di catat menjadi hutang.

Seseorang bersedia meminjamkan uang dan menghutangkan sesuatu kepada kita ketika kita meminta bantu kepadanya saat kita mengatakan akan membayar dan melunasinya jika saya nanti punya uang.

Meski sangat terasa berat dan penuh dengan keraguan, namun karna didalam hatinya masih ada sedikit rasa kemanusiaan untuk saling membantu, maka seketika itu dia menjadi pahlawan untuk membantu dan meringankan beban kita meski secara hutang.

Tetapi apa yang terjadi ketika nantinya kita sudah punya uang ? Kita malah tidak melunasinya sebagaimana apa yang sudah kita janjikan dulu kepadanya ketika kita tengah kesempitan dengan masalah keuangan dan kebutuhan sehari-hari.

Kita sudah mengingkari janji yang sebelumnya pernah kita sepakati dengannya. Kita tidak melunasinya, padahal kita sudah punya uang cukup untuk membayarnya.

Kita bukan saja sudah mengingkari janji. Tetapi kita juga sudah menutup pintu dan jalan kita sendiri. Disaat nanti kita kesempitan lagi dengan masalah kebutuhan sahari-hari, maka sudah pasti bahwa orang tersebut tidak lagi mau membantu kita.

Meski nantinya kita memohon dan menciumi telapak kakinya, dia tidak lagi bersedia membantu, tidak lagi mau menghutangkan sesuatu kepada kita. Karna kita sudah tidak bisa di percaya lagi.

Bukankah kepercayaan itu hanya ada satu kali ? Maka untuk itu jangan kita sia-siakan kepercayaan itu jika kita sudah di percayai oleh seseorang, bahkan oleh banyak orang. Karna itu tidak akan terulang dua kali.

Mari kita menjaga kepercayaan dalam bentuk dan hal apapun, dan utamakan lah membayar atau melunasi hutang-hutang kita kepada siapapun jika kita sudah punya uang.

Jangan menunda-nunda, apalagi sampai ingkar janji terkait masalah hutang. Jika hutang maupun pinjaman sudah jatuh tempo tetapi kita masih belum punya uang untuk membayar, maka datangilah orangnya.

Lalu berkatalah yang sebanarnya bahwa kita memang belum punya uang untuk membayarnya sekarang. Jangan pula berbohong atau banyak alasan. Karna itu merupakan sifat yang tidak baik.

Ketika kita sudah punya uang lalu kemudian kita utamakan untuk membayar hutang kepada seseorang, kita bukan saja menjadi orang yang dapat di percaya dan orang yang tidak ingkar dengan janji.
Tetapi kita juga sudah membantu orang tersebut.

Itulah yang dinamakan saling membantu dan tolong menolong. Setelah dia membantu kita disaat sulit, maka sekarang giliran kita untuk membantunya dengan cara membayar melunasi hutang kita kepadanya.

Karna mungkin saja dia juga sangat membutuhkannya sebagai tambah-tambahan modalnya untuk mengembangkan kembali usahanya agar kelak atau kedepan nanti dia bisa kembali atau kita bisa kembali minta bantu dan berhutang kepadanya.

Bisa kita bayangkan jika kita sudah punya uang namun kita tidak mengutamakan untuk membayar dan melunasi hutang kita kepada seseorang itu.

Kita bukan saja menjadi orang yang tidak bisa di percaya, orang ingkar dengan janji, tetapi kita juga sudah menghancurkan kehidupan dan usaha orang itu yang dia kelolah sehari-hari. Terlebih jika usahanya kecil-kecilan dan modal yang cukup-cukupan.

Tetapi karna tadi didalam hatinya masih ada rasa kemanusiaan, maka dia tidak memperdulikan tentang modal usahanya yang cukup-cukupan asal ia bisa membantu kita seketika itu.

Karna dia juga menaruh rasa kepercayaan kepada kita bahwa kita pasti akan membayar dan melunasinya, bahwa kita adalah manusia yang dapat untuk di percaya.

Dengan itu, mari kita utamakan membayar hutang ketika kita sudah punya uang. Selain kita akan dianggap sebagai orang yang dapat di percaya, kemungkinan juga orang tersebut sangat membutuhkannya.

Bukan berarti karna dia membantu kita dan menghutangkan kepada kita sesuatu, dia memiliki uang atau modal yang lebih banyak. Tetapi karna dia prihatin dan yakin bahwa kita adalah orang yang jujur dan dapat di percaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Utamakan bayar hutang jika Anda sudah punya uang"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel