Seler dan Dealer online waspada struk bukti transfer palsu alias editan

Seler dan Dealer online perlu waspada struk bukti transaksi palsu alias editan, khususnya untuk dealer pemula yang masih belum mengerti banyak hal.

Hal ini berdasarkan apa yang saya temukan beberapa hari lalu, bahkan teman saya sendiri dari group facebook (Agen pulsa Indonesia) nyaris jadi korbannya jika tidak secepatnya ia menyadarinya.

Siang itu ada pelanggan yang hendak Top up paket Pay TV. Sebagaimana biasanya, ia memberikan perintah lewat chat Whatsapp agar pelanggan tersebut segera mentransfer uangnya kerekeningnya sejumlah harga paket voucher yang akan ia aktifkan.

Beberapa menit kemudian pelanggan membalas chat whatsappnya dengan mengirimkan struk bukti transfer bank BRI bahwa pelanggan tersebut telah mentransfer sejumlah yang di sebutkan kepadanya.

Kemudian ia kembali mengkonfirmasi kepada pelanggan tersebut setelah melakukan pengechekan ke rekeningnya bahwa tidak ada transfer apapun yang masuk pada waktu yang sama.

Dealer dan seler online waspada struk bukti transfer palsu

Namun meskipun demikian, pelanggan tersebut ngotot dan bersikeras membantah sambil menunjukkan struk bukti transfernya berkali-kali, bahkan pelanggan tersebut sempat mengancam akan melaporkannya ke polisi.

Sempat beradu mulut lewat chat whastsapp dengan pelanggan tersebut sambil berkali-kali melakukan pengechekan pada rekeningnya, namun toh juga tidak ada transferan apapun yang masuk.

Kemudian ia baru menyadari setelah menanyakannya kepada teman-teman di group, termasuk saya. Ternyata ada yang mencoba untuk menipunya dengan bermodalkan struk palsu alias bekas editan setelah ia dapat pencerahan dan masukan dari teman-teman di group.

Tak menunggu lama lagi, ia langsung mengahiri perdebatan yang unfaedah tersebut dengan sang penipu di Whatsapp dan langsung memblokir akun pelakunya.

Dengan pengalaman ini mari kita lebih waspada dan hati-hatinya, khususnya para dealer dan seler online yang masih pemula dimana belum mengerti banyak hal terkait.

Jangan sampai Anda menjadi korban yang berikutnya. Pastikan uang transferan dari pelanggan Anda benar-benar masuk ke rekening Anda. Jangan berpedoman dengan struk bukti transferan yang telah pelanggan kirimkan tanpa memastikan apa benar uangnya benar-benar masuk ke rek Anda.

Karna ia nyaris saja jadi korbannya dengan memutuskan untuk mengaktifkan voucher pay tv pelanggan tersebut meski belum ada transferan masuk ke rekeningnya sesuai jumlah yang akan di aktifkan.

Karna penipu tersebut ngotot komplain dengan berbagai alasan termasuk kemungkinan ada masalah pada rekening tersebut. Berhubung ia jua tidak ingin banyak masalah, jadi ia nyaris memutuskan untuk mengaktifkan paket voucher pelanggan tersebut.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengalaman dan pengajaran untuk kedepan. Khususnya bagi seler dan dealer online yang masih pemula alias baru-baru terjun di ranah online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seler dan Dealer online waspada struk bukti transfer palsu alias editan"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel