Pilih medsosan atau internetan? Ini pilihan saya yang wajib kamu tahu

Jika disuruh pilih salah satu diantara dua pilihan sesuai judul yang ada di atas, maka pilihan saya adalah Internetan.

Kenapa ?

Berikut penjelasan dan alasannya akan saya tulis dan jelaskan di bawah ini secara singkat saja.

Perbedaan antara (medsos) Media Sosial dengan Internetan, jelas jauh sangat berbeda. Yang pasti, keduanya adalah aktifitas yang dapat menguntungkan dan tentunya juga merugikan.

Apa itu medsos dan apa itu Internetan ?

Seperti yang kita ketahui, medsos (Media Sosial) merupakan platform yang di bangun dan di kembangkan khusus untuk membantu menghubungkan seseorang dengan seseorang atau dengan banyak orang.

Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp dan sejenisnya dimana saat ini tengah berkembang pesat dan digunakan oleh banyak orang.

Sementara, Internetan adalah merupakan aktifitas atau kegiatan browsing atau slancar dengan menggukan berbagai mesin pencari atau search engine.

pilih internetan

Seperti Google, Bing, Yahoo, dan banyak lainnya lagi sebagai mana yang saat ini tengah digunakan oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Nah, kurang lebih singkatnya seperti itu...

Bagi saya, medsos memang sangat berperan penting dan tentunya sangat saya butuhkan sekali agar tetap terhubung dengan teman dan keluarga serta saudara yang berjauhan.

Untuk menjaga hubungan agar tetap terjalin dengan baik dan tetap dapat berkomunikasi lewat chating meskipun dengan jarak yang berjauhan.

Namun meskipun demikian, sampai sejauh ini medsos tidak menjadi pilihan utama khususnya bagi saya sendiri dalam sehari hari.

Bukan berarti medsos tidak ada manfaatnya buat saya atau buat kita semua. Medsos sendiri akan bermanfaat jika kita pandai untuk bermedsos secara sehat.

Tetapi kenapa ?

Karna ada pilihan yang paling utama bagi saya yang jangkauan nya lebih luas dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta membuka wawasan bagi saya.

Internetan tentu akan menjadi pilihan yang lebih utama bagi saya untuk mengisi waktu kala lagi luang. Bukan medsos, meski saat ini banyak aktifitas dan hiburan yang terbilang moderen dan canggih di medsos.

Kenapa ?

Berikut di bawah ini alasan yang perlu dan wajib untuk Anda ketahui jika Anda adalah seseorang yang tiada waktu tanpa bermedsos dalam sehari.

Apa sih manfaat internetan bagi saya ?

Internetan jelas adalah aktifitas yang dapat merugikan karna biaya paket yang harus kita keluarkan dalam sehari hari. Sama halnya dengan medsosan, juga tak jauh beda tentunya.

Bahkan lebih hemat dan lebih untung bermedsosan jika kita bahas terkait masalah biaya atau paket, berhubung saat ini beberapa platform medsos seperti facebook menyediakan fitur atau layanan (freebasic).

Dimana platform memberikan kesempatan kepada setiap para penggunanya lewat akses layanan gratis alias tanpa bayar sepeser pun.

Tentunya itu lebih hemat dan irit bukan bila di banding berinternetan...

Namun, biaya yang di keluarkan khusus untuk kebutuhan internetan tersebut tentunya tidak terbuang dan hangus begitu saja.

Karna ada banyak pengalaman dan pengetahuan yang kita temukan dan dapatkan dengan berinternetan, bahkan dapat membuka wawasan baru bagi kita dan mengetahui apa yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Ini dia yang paling menarik sekali bagi saya memilih untuk internetan ketimbang bermedsosan ketika ada waktu luang.

Bukannya pengalaman dan pengetahun tidak dapat kita temukan dan dapatkan di medsos. Tetapi, dengan berinternetan, kita akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan lebih luas bila di bandingkan dengan bermedsos.

Karna pada umumnya, semua aktifitas dan kegiatan yang berhubungan dengan Internet, dikelolah dan dikembangkan oleh orang orang pintar dan berpengalaman, dewasa serta bertanggung jawab.

Sehingga memberikan energi yang positif dan mendatangkan pengetahuan pada setiap orang yang berinternetan secara sehat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mungkin Anda tahu sendiri kalau semua hal hal yang berhubungan dengan internet itu tidak pada mudah. Tidak mungkin seorang bocah mampu untuk mengelolah dan menciptakan sesuatu yang luar biasa disana.

Salah satunya contoh, menulis informasi tentang sesuatu di internet agar bisa di baca dan diketahui oleh banyak orang yang terhubung dengan jaringan internet.

Tentu tidak mungkin seorang bocah mampu membuat dan membangun sebuah website atau blog lalu menulis dan menerbitkan konten artikel yang dapat menginspirasi banyak orang.

Diatas merupakan contoh kecilnya yang menunjukan bahwa hal hal dan aktifitas yang berhubungan dengan internet itu dikelolah dan di kembangkan oleh orang orang berpengalaman.

Beda hal nya dengan medsos, dimana semua atau sembarang orang dapat menggunakan nya secara luas dan bebas, bahkan anak SD sekalipun.

Yang penting punya ponsel / gadget ples sim card, yaudah bisa bebas main sosmed sama siapa saja tanpa harus membutuhkan keahlian dan pengalaman khusus.

Namun, selain keuntungan dan manfaat yang kita dapat dan temukan dengan berinternetan, aktifitas internetan juga tentunya ada efek negatifnya yang dapat berdampak buruk dan fatal.

Jika kita tidak pandai berinternetan secara sehat sebagaimana dengan kebutuhan yang kita butuhkan dan perlukan seperti tadi yang saya sebutkan di atas.

Karna di internet ada banyak hal hal yang negatif yang sampai sejauh ini dapat di akses dan temukan secara terbuka dan sangat mudah sekali.

Jadi semuanya kembali kepada kita, jika kita pandai berinternetan secara sehat dan sesuai kebutuhan, maka akan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan serta keuntungan yang akan kita dapat dan temukan.

Dengan begitu, tentunya biaya internetan yang kita keluarkan sehari hari, tidak sia sia dan akan terasa bermanfaat khususnya buat kita sendiri.

Berbicara soal keuntungan ? Tentu ada banyak sekali keuntungan dan manfaat yang saya dapat dan temukan dengan berinternetan ketimbang bermedsosan.

Bahkan tidak ada apa apanya bila di banding dengan biaya yang saya keluargakan untuk berinternetan sehari hari jika dikaji tentang keuntungan.

Saya sendiri mengeluarkan biaya internetan sekitar 55 ribu khusus untuk paket satu bulan. Tetapi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan lebih dari cukup.

Keuntungan yang sudah cukup lebih bagi saya hanya bermodal ponsel dan paket 50 ribu, banyak pengetahuan dan informasi yang saya dapat dan temukan sehari hari.

Khususnya berita dan informasi terkait yang terjadi dan tengah berlangsung di dalam negri maupun luar negri dengan mudah saya mengetahui tanpa harus membuka media televisi lagi.

Apa saja keuntungan yang saya dapatkan dengan berinternetan ?

Mendengar hal ini, mungkin sebagian dari Anda yang baca mengira bahwa saya dapat uang atau penghasilan dari berinternetan.

Tadi saya sudah tuliskan diatas, bahkan saya mengeluarkan biaya untuk berinternetan sekitar 55 ribu per paket satu bulan, dan itu setiap bulan.

Dengan berinternetan, saya dapat mencari dan menemukan banyak hal dengan memanfaatkan search engine seperti google dan mesin pencari lainnya.

Karna pada umumnya, saya berinternetan secara sehat sesuai dengan apa yang saya butuhkan, lalu saya mencari dan terus mencari lewat mesin pencari yang ada saat ini.

Saya lebih suka dan paling sering berinternetan dan mencari sesuatu yang saya butuh di area google. Karna google sendiri adalah mesin pencari yang sangat popular saat ini khususnya di Indonesia.

- Jika saya butuh informasi tentang jadwal pertandingan bola, saya mencari dan menemukan lalu mengetahuinya.

- Jika saya butuh informasi mengenai politik dan terkait lainya, saya tinggal mencari lalu menemukan dan mengetahui beritanya sehari hari.

- Saya tinggal mencari jika saya ingin mengetahui tentang tehnologi yang berkembang diluar maupun dalam negri saat ini.

- Jika saya ingin belajar ilmu pengetahuan seperti disekolah, saya tinggal cari lalu mempelajari setelah menemukannya.

- Jika saya ingin belajar tentang agama, saya tinggal mencari dan mempelajarinya setelah menemukan yang dijalurnya.

- Jika saya butuh hiburan dan sejenis terkait lainya, saya tinggal mencarinya, seperti bacaan dan semacamnya.

- dan lain sebagainya sebagaimana dengan yang saya butuhkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, maka saya hanya tinggal mencarinya saja.

Karna pada umumnya, masing masing orang yang mengelolah hal hal yang berhubungan dengan internet, mereka menuliskan dan menerbitkan kontent sesuai dengan jurusan dan keahliannya masing masing.

Misalnya, seseorang itu berpengalaman dan hobby tentang bermain bola, maka dia menulis dan menerbitkan tentang informasi seputar bola di website atau blog miliknya.

Atau dia pandai mengenai agama, doa doa dan sunnah, maka dia menulis dan menerbitkan terkait tentang apa yang dia ketahui.

Sebaliknya, jika seseorang itu ahli tentang pelajaran matematika, maka dia menulis dan menerbitkan di websitenya sebagaimana yang diketahui.

Dan seterusnya...

Dengan itu, setiap orang yang berinternetan secara sehat sesuai dengan kebutuhan mereka, maka tentunya mereka dapat menemukan dan mempelajari banyak hal.

Mengetahui lebih banyak informasi dan berita yang terjadi dalam sehari hari dalam negri maupun luar negri sekalipun.

Mendapatkan pengalaman dan pengetahuan serta wawasan yang lebih luas lagi dari apa yang sebelumnya mereka ketahui.

Karna pada umumnya, internet menjadi sumber informasi dan berita yang paling nomor satu diera digital saat ini yang banyak dimanfaatkan banyak orang dalam sehari hari.

Jadi kesimpulanya, keuntungan yang saya dapatkan dengan berinternetan, bukan lah berupa uang, melainkan ilmu pengetahun dan pengalaman serta wawasan.

Dengan itu saya lebih memilih berinternetan ketimbang bermedsosan kala lagi ada waktu luang, karna yang ini nih.

Lantas apakah dengan bermedsosan saya akan menemukan dan mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman serta wawasan yang lebih luas ?

Jawabannya tentu sudah ada di kantong Anda, dan pastinya Anda lebih tahu jika Anda adalah seseorang yang gemar bermedsos dan berinternetan sehari hari.


Notifi: Artikel ini hanyalah sekedar refrensi atau hanya merupakan bacaan semata. Namun tidak memberi izin kepada siapa pun yang bermaksud mengopy atau menggandakannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pilih medsosan atau internetan? Ini pilihan saya yang wajib kamu tahu"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel