Promo HP di Facebook ? Perhatikan hal ini sebelum transfer uang

Promo HP di Facebook ? Perhatikan dulu beberapa hal dibawah ini

Tidak heran lagi dengan berbagai promo HP di Media Sosial seperti di grup jual beli yang ada di Facebook. Dan kemungkinan Anda juga tertarik dengan promo yang harganya terbilang murah meriah dan bersahabat.

Bayangkan coba jika promonya 50%, bisa di cicil / credit dalam jangka waktu tertentu, bisa di DP lebih dulu separuh harga dan separuh nya ketika barang sudah sampai ketangan Anda.

Wajar saja... Saya juga mau pesan tuh sampe 5 sekaligus jika memang begitu promo nya dapat di percaya dan bukan hanya hoax alias tipu semata.

Dengan itu, dalam hal ini perlu Anda perhatikan beberapa hal sebelum melakukan transfer uang terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan nantinya.

Karna di era digital yang saat ini dimana hampir semua aktifitas dan kegiatan di lakukan serba online, banyak orang yang mencoba menipu dengan berbagai cara dan iming-iming untuk meyakinkan Anda selaku korban.

promo HP di Facebook ? Perhatikan hal ini sebelum transfer uang

sekolahkasihmaitreya.sch.id

Bayangkan jika nanti Anda sudah transfer uang full sebagaimana harga barang atau DP separuh harga, tapi barang nya tidak kunjung tiba juga ?

Jangan sampai terjadi hal yang demikian dapat membuat Anda menjadi stres dan kepikiran. Makan pun tidak enak dan tidur pun tidak nyenyak. Berharap pengantar paket akan datang mengetuk pintu rumah Anda sambil berkata "Selamat Anda kena tipu" wkwkwk.

Maka untuk itu, berikut di bawah ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan sebagaimana yang telah saya tuliskan tadi diatas.

Account / Akun

Jika Anda memang tertarik dengan promo HP yang harga yang terbilang murah dan bersahabat, pertama dan utama sekali yang harus Anda perhatikan adalah Account orang yang tadi menawarkan promo kepada Anda.

Jangan karna tergiur dengan promonya yang murah meriah sampe lupa segala nya, termasuk mengechek Account orang tersebut apakah asli atau hanya tipu alias hoax semata.

Disini ada beberapa hal yang harus benar-benar Anda perhatikan untuk memastikan bahwa orang atau si pemilik Account tersebut yang tadi ber promo dapat di percaya dan bukan penipuan. Salah-satunya adalah:

1. Nomor kontak

Pastikan bahwa si pemilik Account tersebut memiliki kontak resmi yang masih aktif dan tercantum pada bagian profile nya. Baik itu nomor telpon, E - mail resmi dan kontak lainnya. Karna setiap orang yang benar-benar berjualan secara online di Dunia Maya, pasti mereka akan mencantumkan berbagai nomor kontak untuk meyakinkan calon pembeli dan pelanggan nya. Agar dapat mereka hubungi secara langsung apabila ada suatu hal yang tidak beres.

2. Alamat

Pastikan bahwa situkang promo atau si pemilik Account tersebut memiliki Alamat / Tempat yang jelas dan pasti yang tertera pada bagian profile Account nya. Karna untuk meyakinkan banyak orang agar menjadi pelanggan setianya, seorang penjual online akan mencantumkan Alamat lengkap nya, bukan alamat palsu.

3. Kronologi Account

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah aktifitas-aktifitas dan kegiatan di kronologi Account nya. Karna jika memang seseorang itu adalah penjual online dengan berbagai promo, maka bisa di pastikan kronologi Account nya dipenuhi dengan berbagai aktifitas berjualan selain memanfaatkan grup dan komunitas jual beli yang ada di Facebook
Serta memposting di kronologi nya terkait barang bukti seperti paket dengan alamat yang ada, resi pengiriman, dan lain sebagainya yang telah pernah dia kirimkan pada pembeli lewat berbagai jasa pengiriman di Indonesia.

4. Komentar

Luangkan juga waktu Anda untuk melihat dan mensurvei berbagai komentar orang-orang di setiap postingan yang ada di kronologi nya terkait promo yang dia tawarkan kepada banyak orang. Agar Anda dapat menemukan data yang akurat lewat berbagai komentar orang-orang yang semakin memperkuat dan membuat Anda semakin yakin dan percaya bahwa itu bukan penipuan.

5. Folowers

Meski hal ini terbilang dapat dimanipulasi lewat jasa folower, namun perlu juga Anda perhatikan pada bagian folowers atau pertemanan pemilik Account tersebut sebanyak mana. Karna setiap Account yang benar-benar berjualan di Media Sosial mau pun ber promosi, pasti memiliki folowers atau pertemanan yang banyak, bahkan melimpah.

Apalagi yang nama nya promo HP yang terbilang murah, diskon sekian %, bisa di DP terlebih dulu, kredit atau cicilan, free ongkir pula di berbagai daerah. Tentu jelas saja akan banyak di sukai dan diminati oleh banyak orang. Pasti lah memiliki folowers atau pertemanan yang jumlah nya melimpah.

6. Foto

Terakhir adalah foto, baik itu foto profile mau pun foto yang di upload ke dalam album Account tersebut. Karna setiap Account yang benar-benar di kelolah oleh seseorang yang bukan penipu, pasti selalu upload foto aslinya dan terkait tentang aktifitas dan kegiatan nya dalam sehari-hari, terlebih jika pemilik Account tersebut adalah wanita.

Dan hal-hal lainnya lagi yang perlu Anda perhatikan yang terkait pada Account tersebut untuk memperkuat keyakinan Anda agar tidak menjadi korban penipuan. Seperti privasi sebuah Account tersebut yang memiliki keterbukaan dalam berbagai hal dan transparan, bukan rahasia.

Mulai dari aktifitas nya sehari-hari pada Account tersebut, Informasi pribadi yang seharus bersifat umum untuk diketahui publik, keluarga yang terkait pada si pemilik atau pengelolah sebuah Account tersebut, dan lain sebagai nya lagi yang harus Anda perhatikan.

Adapun Informasi yang harus disembunyikan dimana nantinya bersifat pribadi dan tidak wajar untuk diketahui oleh umum maupun calon pembeli nya, jelas tidak terkait dengan beberapa hal dan kegiatan seperti tadi saya tuliskan di atas.

Jadi Anda harus meluangkan waktu untuk mensurvei terlebih dahulu beberapa hal penting terkait Account orang yang tadi ber promo sebelum melakukan pengiriman atau transfer uang berupa DP barang, cicilan maupun bayar lunas terlebih dahulu.

Karna menurut pengalaman pribadi saya dalam berjualan online itu di Media Sosia atau Dunia Maya, untuk meyakinkan calon pembeli, si penjual tersebut pasti memliki Informasi dan kontak serta alamat dan data diri yang bersifat terbuka dan transparan.

Agar tidak di anggap penipu...

Namun jika beberapa hal di atas tersebut memungkinkan dan memperkuat keyakinan Anda setelah melakukan survei demi survei terkait pada Account dan pemilik nya bukan lah penipuan, jangan langsung buru-buru untuk memesan dan mengirimkan uang.

Karna tidak sampai disitu saja. Meskipun demikian, masih ada beberapa hal lagi yang perlu dan sangat penting sekali untuk Anda perhatikan terlebih dahulu. Seperti yang akan di tuliskan di bawah ini

Minta keterangan barang pada si penjual

Sebelum Anda mentransfer uang, ada baiknya Anda meminta keterangan barang atau HP yang hendak Anda pesan kepada si penjual terkait kelengkapan dan kekurangan serta barang bukti berupa foto HP tersebut dari berbagai sisi.

Pastikan terlebih dahulu bahwa barang yang akan Anda pesan kepada orang tersebut sesuai dengan apa yang Anda ingin dan butuhkan, masih bagus dan tidak mengidap penyakit kerusakan agar tidak ada penyesalan nantinya.

Karna seseorang yang benar-benar berjualan online sebagai mana tadi yang saya sebutkan di atas, memiliki sifat yang transparan dan tidak mudah bosan dalam memberi Informasi terkait pada barang yang akan dia jual kepada pembeli untuk menghindari terjadinya penipuan yang berakibat fatal dan saling melaporkan.

Simpan barang bukti percakapan

Simpan barang bukti percakapan antara Anda dan penjual barang tersebut. Hal ini adalah sangat penting dan paling di anjurkan sekali. Guna pada saat ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan nantinya.

Baik itu di print, maupun dalam bentuk screnshoot, halaman tersimpan, history document dan file jenis lainnya selagi dapat terlihat dengan jelas dan pasti.

No Rekening si penjual

Berikutnya Anda akan diberikan No Rek oleh sipenjual HP tersebut dimana nanti Anda akan mengirimkan uang nya. Yang perlu dan paling penting Anda lakukan adalah dengan menyimpan No Rekening tersebut beserta nama pemiliknya.

Jangan sampai hilang bahkan setelah Anda sudah melakukan transfer uang sekalipun. Catat dan simpan baik-baik sampai nanti barang atau paket pesanan Anda dikirimkan sampai ketangan Anda.

Karna jika semisalnya suatu hal yang tidak di duga kemungkinan dapat terjadi, dengan melaporkan No Rekening tersebut ke bank atau cabang bank terkait, maka bisa dipastikan kalau dana yang terlanjur Anda kirimkan dapat dikembalikan setelah Rekening tersebut di blokir oleh pihak bank.

Resi transfer atau bukti pengiriman uang ke Rekening

Berikutnya jika Anda sudah mentransfer uang nya ke No Rekening si penjual, baik itu dengan menggunakan jasa transfer yang ada di daerah Anda maupun langsung bank, Anda pasti akan mendapatkan Resi atau bukti transfer nya berupa selembar kertas.

Simpan baik-baik kertas/resi tersebut dan jangan sampai hilang. Selain guna untuk menunjukkan kepada si penjual sebagai bukti bahwa Anda telah mentransfer uang nya, juga sangat berguna sebagai salah-satu lampiran barang bukti ketika nanti Anda melaporkan ke pihak bank pada saat suatu hal terjadi yang tidak diinginkan.

Resi pengiriman paket

Terakhir minta sipenjual untuk memberikan kepada Anda Resi/barcode pengiriman paket yang dia kirimkan via jasa pengirim yang tersedia di Indonesia, bila perlu minta dia memfotokan paket yang akan dia kirimkan kepada Anda beserta Alamat yang tertera.

Biasanya seorang penjual online yang bukan penipu bersedia untuk melakukan nya tanpa banyak protes, bahkan dia malah memposting barang bukti pengiriman paket tersebut di kronologi nya untuk meyakinkan pembeli dan pelanggan nya.

Resi pengiriman atau Barcode sangat lah penting dan berguna sekali. Selain untuk meyakinkan Anda si pembeli bahwa barang yang Anda beli sudah dikirimkan, Anda juga dapat melakukan pengecekan secara online untuk mengetahui barang atau paket Anda sudah sampai mana saja.

Demikian lah beberapa hal diatas semoga dapat benar-benar Anda perhatikan dengan baik untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan diluar dugaan.

Jangan karna terlena dengan promo nya yang murah meriah sampai lupa akan segalanya, termasuk beberapa hal yang telah saya tulis dan jelaskan diatas barusan kepada Anda terkait promo HP di media sosial dan hal yang perlu Anda perhatikan.

Penjahat ada dimana-mana bahkan disekitar Anda dan saya dengan melakukan berbagai cara yang sempurna. Jangan sampai Anda menjadi korban nya. Waspada dan berhati-hatilah...

Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Promo HP di Facebook ? Perhatikan hal ini sebelum transfer uang"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel