Selamat Datang Ramadhan Ku

Selamat Datang Ramadhan Ku

Tak terasa hari yang lama ditunggu dan paling aku rindu telah tiba tepat pada 16 Mei 2018 hari ini. Terasa mengalir sedikit air mata dengan penuh kebahagian dan gembira ria menyambut Ramadhan itu.

Siang itu rasa tak sabar aku pengen segera langsung menjalankan puasa, padahal tinggal nunggu nanti subuhnya saja. Seketika itu sambil berpikir aku berkata "Apa yang terjadi padaku ? Ini tak seperti biasanya".

Siang itu tampak sudah lebih dari seperti biasanya, karna orang-orang di daerah sekitar kampungku kesana dan kemari. Ada yang mau otw menyiram (limau) ke kuburan dan sebagian juga muda mudi dan anak-anak tampak mulai mengatur siasat mereka untuk pergi mandi-mandi di pantai.


Selamat datang ramadhan ku

Source image > http://herynowbi74.blogspot.com


Mungkin kamu bertanya-tanya seperti ini "Limau itu apasih ? Dan kenapa orang membawa dan menyiraminya kekuburan saudara orang tua atau keluarga mereka yang sudah meninggal ?"

Kebiasaan dan Tradisi

Jadi gini >> Sebelum malam harinya shalat teraweh dan keesokan harinya menjalankan puasa, biasanya sore harinya di daerah ku mandi-mandi di pantai atau dilaut terlebih dulu, setelah itu baru mandi pakai air (limau) yang rempahnya terdiri dari berbagai dedaunan wangian. Dan itulah yang disebut (limau).

Dan siang itu sebelumnya terlebih dahulu kita membawa dan menyiraminya ke kuburuan almarhum keluarga dan saudara atau orang tua kita yang sudah meninggal. Panjang sebenarnya terkait tentang hal itu, tetapi yang jelas itu sudah menjadi tradisi sebelum besoknya berpuasa.

Dan bukan hanya di daerah tempat aku tinggal saja, tetapi dimana-mana juga seperti itu. Namun berbeda cara dan penyebutan, tergantung dari masing-masing daerahnya yang memiliki tradisi seperti itu.

Kebetulan juga aku kemarin malam baru terima hadiah pertama dari hasil lomba blog yang berupa web hosting. Dan untuk mengisi kekosongan, siang itu aku mencoba untuk membangun dan mendesain sebuah web jelang tiba sore harinya.

Aku orangnya memang tidak jago dalam desain web, bedahalnya dengan membangun sebuah web atau blog, itu sangat gampang menurutku. Itu tidak sama, ada bedanya, kamu perlu ketahui itu jika kamu adalah seorang blogger.

Tetapi karna aku suka dengan program, jelang nunggu sore tiba jadi aku umprek itu melalui perangkat andalan yang sering aku andalkan. Yaitu, browser Operamini v4 dan Ponsel java Nokia 230 Mikrosof jadul.

Sambil berpikir dalam pikiranku seperti ini "Coba kalau aku lagi gak sakit, pasti aku sudah cari mangsa dan berbuat hal-hal konyol yang dapat mendatangkan petaka dan menambah banyak dosa hari ini".

Bisa saja ! Namanya saja anak muda yang lagi darah panas dan lagi mau-maunya melakukan hal-hal yang diluar kendali dan logika. Entah itu minum-minuman keras, gila-gilaan, ganggu perempuan, berantem dan lainnya sebagainya.

Allah itu memang punya banyak cara sob untuk menghindari umat yang dia sayangi dari hal-hal dan perbuatan dosa, termasuk dengan memberi penyakit kepada mereka.

Dan bukan karna dia benci ! Tetapi karna dia sangat menyayangi dan mengasihinya. Tetapi kadang kita tidak tahu dan tidak pandai mengartikan akan semua isyarat maupun teguran lewat berbagai kejadian dan musibah penyakit yang menimpa kita.

Oops ! Stop ceramah... Aku bukan ustadz !

Aku mulai bingung mau lanjut nulis apalagi ! Yang jelas sore harinya jelang malam itu aku minta (limau) itu satu cangkir kecil kepada ibu lalu aku basuh kepalaku sebagai syarat saja, berhubung aku lagi sakit dan tidak bisa mandi seluruh tubu.

Dibulan Ramadhan aku merasa beruntung sekali karna dalam keadaan sakit keras, terutama karna aku sudah diberi Allah kesempatan untuk bertemu di bulan Ramadhan 2018 saat ini.

Mungkin kamu bertanya "Kenapa ?".

Karna banyak hal yang dapat aku kutip dan jadikan sebagai pelajaran dalam menjalani kehidupan dan hari-hari ini. Aku bisa fokus menjalankan puasa InsyaAllah. Aku dapat meringankan beban dan perbuatan serta kelalaian selama ini.

Namanya saja manusia biasa, pasti kita punya dosa, kesalahan, kesilafan dan kelalaian saking asiknya menjalani hidup dan terbuai dalam sehari-hari.

Dan aku bisa dekat dan ngumpul bersama keluarga dan orang tua, terutama ibu, dapat bersama dengannya dalam menjalankan ibadah puasa dalam keadaan apa adanya serta suka dan duka.

Coba kalau aku tidak sakit ? Seperti tadi yang aku tulis di paragraf paling atas, "Mungkin akan banyak hal dan dosa yang aku perbuat, serta jauh dari dekat keluarga dan orang tua di bulan baik seperti ini.

Kenapa ? Karna kerja, sehingga tidak menetap dirumah meskipun bulan Ramadhan mau pun lebaran. Tau sendirikan gimana kalau kerja ? Apalagi anak muda, anak remaja, kemana saja masuk, yang penting cocok.

Jadi semua ada hikmah dan manfaatnya. Namun jika kita tidak pandai mensyukuri dan mengartikannya, malah kita merasa rugi dan tidak ada manfaatnya, karna kita terpakuh dirumah dengan sekelompok penyakit.

Terlebih di bulan Ramadhan ! Sakitnya tuh disini...

Siip dulu ya untuk hari ini dan sampai ketemu besok di awal puasa pertama. Semoga kita, kamu dan aku diberi selalu kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasanya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Selamat Datang Ramadhan Ku"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel