Penjelasan mengenai sumber informasi yang anda baca di internet

Darimana informasi yang saya baca di internet? Berikut penjelasannya

Source google
Saya menuliskan hal ini khususnya untuk pengguna yang baru saja mengenal google atau sebut saja Internet dalam bahasa moderennya saat ini. Dimana dalam benaknya masih bertanya - tanya terkait "dari mana sebenarnya berasal informasi yang ia baca di Internet tersebut ?".

Saya menulis dan menjelaskannya dalam versi dan bahasa saya, tentunya juga berdasarkan dengan pengalaman dan pengetahuan saya sendiri selama menjelajahi alam maya atau Google sejak 2009 lalu hingga saat ini saya masih tetap selalu aktif.

Karna google sendiri sudah merupakan pasar informasi terbesar bagi saya sendiri sejak saya mengenal yang namanya teknologi moderen yang dapat menghubungkan antara satu sama lain melalui jaringan dan perangkat lain semacamnya yang bisa di gunakan dan di manfaatkan saat ini.

Saya harap Anda juga sama seperti saya yang tetap aktif dan menjadikan google menjadi sebuah pasar Informasi utama dalam sehari-hari Anda.

Baik !

"Apa itu Internet ?"

Untuk melengkapi topik yang kita fokuskan dalam Artikel ini, maka berikut di bawah ini akan kita bahas sedikit saja mengenai pertanyaan yang di atas.

Dikutip dari (Wikipedia), Internet merupakan kependekan dari interconnection - networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar
sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking "antarjaringan" ...

Sebenarnya kalau menurut saya lebih tepatnya adalah google. Kenapa ? Karna pada umumnya google lah yang kita manfaatkan nantinya untuk mencari berbagai informasi yang akan kita butuhkan. Tapi tidak masalah jika kita menggunakan kata Interconnection Networking sehubungan dapat menghubungkan antara satu sama lain dengan menggunakan jaringan.

Nah, jika kita kembali ke pokok pembahasan yang utama dan yang paling mendasar, sebuah tanda tanya (?) akan muncul bagi orang - orang yang terbilang masih awam mengenai hal berikut yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Sebenarnya dari mana saja berasal sumber informasi yang saya baca di Internet ? Dan siapa saja yang menyediakan dan menuliskannya ? Dan bagai mana caranya sehingga bisa muncul di google dan dapat di baca oleh banyak orang yang terhubung dengan Interconnection Networking dari berbagai penjuru dunia.

Pertanyaan - pertanyaan demikian lah yang bermunculan di dalam pikiran para kalangan - kalangan atau pengguna yang masih awam. Sebagai contoh dasarnya, sebut saja saya ketika pertama kali mengenal Google. Kurang lebih seperti itulah yang ada dalam pikiran saya pada waktu itu.

Seperti tadi yang sudah saya sebutkan di paragraf paling awal, bahwa saya akan menjelaskan dan menuliskan hanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya selama ber - kecipung di dunia google.

Maka dengan itu, di bawah ini kembali akan saya jelaskan kepada Anda semua secara singkat saja, dengan bahasa dan istilah saya, dan pastinya dengan pengalaman dan pengetahuan yang apa adanya dan alakadar - nya.

Berbagai penyedia sumber informasi yang Anda baca di Internet / Google

- LAYANAN BLOGGING

Sebut saja layanan blogging yang menyediakan fasilitas blogging seperti tulis menulis dalam wujud HyperText HTML atau XHTML yang merupakan file markup data dan script, dan mengharuskan para penggunanya untuk mengembangkan sebuah blog sesuai dengan minat dan karir mereka masing - masing sebaik mungkin.

Baik itu blog download yang di isi dengan berbagai movies atau mp3, download macam game, blog khusus artikel dan informasi tips masak dan kesehatan dan lainya, berita dan olahraga, blog kumpulan gambar atau image, review dan lain sebagainya dimana itu di muat dalam tiap masing - masing halaman blog yang sudah di kembangkan dan dikelolah secara (gratis).

Seperti di penyedia layanan blogging Wordpress.com, Blogger.com dan layanan blogging lainnya bahkan yang ada di Indonesia seperti platform blogging NextWapBlog, BlogPonsel.net dan platform blogging lainya yang dikelolah secara gratis.

Para pengguna itu lah yang menyediakan berbagi informasi dan memuat dalam tiap masing - masing halaman blog yang mereka kembangkan berdasarkan minat dan keahlian mereka sendiri. Atau yang paling akrab disebut sebagai (blogger).

Sebagai mana dengan data dan script yang sudah di atur oleh pembangun layanan blogging dalam tiap masing - masing blog para penggunanya yang umum di sebut (script html meta tag robot dan lain sebagainya) yang terdapat dalam tiap masing - masing template blog dimana nanti akan memberi sinyal kepada robot mesin pencari yang di sebut sebagai (search engine google).

Agar mesin perayap google tersebut dapat mengindex setiap informasi yang terdapat dalam halaman blog tersebut dengan robot spidernya berdasarkan hasil yang baik dan relevan.

Dimana itu sesuai dengan informasi yang di butuhkan para pengguna berdasarkan kata kunci atau (keyword) yang mereka ketikkan di search engine google.

Maka hasil dari itulah yang di kembalikan oleh robot search atau spider google ke halaman pencarian agar dapat Anda baca dan ketahui berdasarkan apa yang Anda cari seketika itu.

Sebagai contoh dasarnya yaitu artikel yang saat ini sedang Anda baca, dimana blog tersebut dikembangkan berdasarkan minat atau keahlian saya untuk berbagi berbagai informasi menarik untuk diketahui.

Saya harap Anda mulai mengerti sedikit demi sedikit, biar kita bisa lanjut yang ke berikutnya...

- WEBSITE

Ada banyak macam jenis website yang menyediakan sumber informasi yang Anda temukan di google. Mulai dari website kecil khusus untuk refreshing atau tempat menulis tentang pribadi saja, sampai website besar yang lebih serius dalam menyediakan dan mengembangkan Informasi khusus untuk para pengguna yang terhubung dengan Internet.

Seperti toko online, bisnis online, sumber informasi maupun berita, dan website - website besar lainnya seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Elevenia, Lamido Indonesia, Kaskus, Detik, Liputan6, Kompasiana, Tribun, Wikipedia dan banyak lainya lagi yang tidak dapat di sebutkan satu persatu. Dan di dalam tiap masing - masing website terdapat sebuah blog atau para pengelolah membangun sebuah blog di dalam website tersebut guna untuk mengembangkan lebih luas berbagai informasi kepada pengunjung atau pengguna yang terhubung dengan jaringan Internet.

Sama halnya dengan layanan blogging, demikain juga website dimana tiap masing - masing website maupun blog yang terdapat di dalamnya sudah dilengkapi dengan (struktur code dan script yang akrab disebut meta tag) yang telah di rancang untuk memberi tahukan kepada search engine seperti google agar (mengindex) setiap informasi maupun data atau file yang terdapat di halamanya.

Namun tidak semua informasi maupun data dan halaman - halaman tertentu yang terdapat di dalam sebuah website maupun blog dapat di index oleh search engine atau spider mesin pencari google.

Karna hampir tiap masing - masing layanan blogging maupun website saat ini sudah dilengkapi (script dan struktur code) guna untuk memberitahukan kepada robot atau (spider) mesin pencari bahwa halaman - halaman tertentu tidak layak untuk di index dan ketahui para pengguna yang terhubung dengan Internet.

Selain dari mengurangi kualitas sebuah website dan blog terutama dalam segi SEO - nya dimana nanti akan munculnya di Internet berupa informasi dan halaman - halaman yang tidak akurat dan tidak relevan, juga dapat mempengaruhi muncul data maupun informasi berupa artikel lainnya yang lebih berkualitas dan relevan untuk para pengguna.

Dan banyak lainnya lagi yang tidak dapat di sebutkan satu per satu. Namun yang jelas itulah penyedia berbagai sumber informasi yang Anda temukan di Internet atau Google.

Media sosial

Berikutnya adalah media sosial atau yang akrab disebut di jaman now saat ini sebagai (sosmed). Seperti FACEBOOK yang dikembangkan oleh (Mark Jugeberg), dimana itu adalah sala - satu sosmed yang paling banyak penggunanya dari berbagai penjuru.

Twitter yang di manfaatkan sebagai sarana informasi, Instagram yang saat ini menjadi trending topik dikalangan maya, dan akhir - akhir ini terbilang banyak para penggunanya. Baik itu sebagai sarana informasi maupun hiburan semata.

Dan sosmed lainya, dimana informasi atau update yang terdapat di tiap masing - masing halamannya dapat di (index) oleh search engine seperti google. Sehingga dapat di temukan dan di baca oleh banyak orang yang terhubung dengan jaringan Internet.

Dan sebenarnya mengenai hal ini, masih banyak lainnya lagi yang tidak dapat untuk saya tuliskan khusus untuk Anda yang membutuhkan Informasi tentang ini.

Tetapi dalam hal ini saya hanya menuliskan dan menjelaskan secara singkat saja. Sebagai mana dengan yang tadi saya sebutkan di paragraf paling awal, "hanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya saja".

Maka dengan itu, jika ada kekuarang atau yang perlu untuk di tambahkan dimana itu diluar dari pengetahuan dan pengalaman saya terkait tentang hal ini, silahkan saja tambahkan di kolom komentar yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share jika apa yang terdapat di dalamnya dapat menambah ilmu dan pengetahuan Anda.

Penulis: (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan mengenai sumber informasi yang anda baca di internet"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel