Memanfaatkan waktu yang singkat untuk terus menulis

Banyak penulis blog yang bermasalah dengan waktu. Karna aktifitas dan kesibukan mereka dalam sehari-hari yang terbilang padat, sehingga tidak ada waktu sama sekali untuk menulis.

Hingga pada akhirnya mereka hanya menulis satu kali dalam satu bulan, itu pun dengan waktu yang sudah dibela-bela in. Karna di waktu libur pun mereka tidak bisa menulis, berhubung harus berlibur dengan keluarga atau teman-teman disuatu tempat untuk refresing atau cari angin.

Sebaliknya pada malam hari, mereka harus beristirahat lebih cepat sehubungan masih banyaknya pekerjaan yang harus mereka selesaikan pada keesokan harinya. Baik itu di kantor, dirumah, mau pun disekolah.

Pekerjaan memang adalah suatu hal yang harus di utamakan dalam sehari-hari. Tetapi waktu untuk menulis juga harus di luangkan, terlebih jika menulis itu sudah menjadi bagian dari hobby. Jadi, di tengah kesibukan sehari-hari waktu luang harus bisa di manfaatkan untuk menulis, walau itu hanya beberapa menit saja.

Memanfaatkan waktu singkat untuk terus menulis

Image source > www.rekblogging.com



Tidak harus di waktu yang benar-benar khusus atau full time untuk menulis dengan melupakan segala pekerjaan sehari-hari. Seperti di waktu istrahat atau beberapa menit setelah selesai makan siang di kantor, jika Anda adalah orang kantoran.

Anda juga bisa menulis ketika hari hujan jika memang pekerjaan Anda dalam sehari-hari sangat berpengaruh terhadap buruk baiknya cuaca. Dari pada menghabiskan waktu luang untuk tidur atau mengobrol di warung kopi bersama rekan mau pun teman sekerja Anda.

Atau selepas pulang sekolah ketika tidak ada tugas yang harus di kerjakan, jika memang Anda adalah seorang pelajar. Dari pada bermain game atau menonton televisi dirumah dan hal lain yang tidak bermanfaat.

Waktu luang di tengah kesibukan sehari-hari memang sangat singat jika di manfaatkan untuk menulis. Berhubung sesaat lagi kita akan kembali berkerja seperti biasa.

Tetapi jika menunggu waktu yang benar-benar luang khusus hanya untuk menulis saja, saya rasa itu hanya ada satu kali dalam satu bulan.

Itu pun dengan waktu yang singkat dan di kerjakan secara tidak fokus dan tidak konsisten. Alhasil, menulis pun cenderung terlupakan dan tidak pernah lagi di lakukan.

Karna pada mulanya adalah satu minggu, selanjutnya satu bulan, selanjutnya lagi satu tahun, dan pada akhirnya aktifitas menulis pun akan terlupakan karna banyaknya pekerjaan dan aktifitas dalam sehari-hari.

Karna pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya, bahkan semakin lama semakin menumpuk dan banyak, karna pekerjaan harus dilakukan untuk menutupi kebutuhan dalam sehari-hari. Artinya, jika tidak bekerja maka tidak akan dapat uang.

Jadi jika kita berhenti untuk bekerja, maka kita pun tidak akan dapat uang dan hasilnya akan kelaparan. Makanya kita terus di tuntut untuk bekerja dalam sehari, agar kita dapat menutupi kebutuhan sehari-hari.

Dengan padatnya lah aktifitas/pekerjaan tersebut sehingga kebanyakan para penulis blog cenderung bermasalah dengan waktu khusus untuk menulis, dan pada akhirnya tidak lagi pernah menulis.

Waktu yang singkat baik di manfaatkan untuk menulis, meskipun hanya beberapa kata atau paragraf saja. Tetapi dalam sehari kita akan tetap terus menulis, walau harus di lanjutkan nantinya atau keesokan harinya.

Bila di bandingkan dengan menunggu waktu yang benar-benar khusus hanya untuk menulis, tetapi kita hanya menulis satu kali dalam satu bulan. Disamping kita tidak terlatih dalam menulis, juga hanya akan menimbulkan yang namanya rasa malas untuk menulis.

Karna ide untuk di kembangkan dan ditulis hanya muncul dalam sehari ketika kita tengah sibuk dalam bekerja dan beraktifitas, dan kita pun bisa langsung dapat menuliskannya tanpa harus menunggu waktu yang tepat untuk menulis pada bulan depan.

Banyak ahli tulis yang mengatakan bahwa "menulis di waktu singkat dan di kerjakan dengan terburu-buru itu akan menghasilkan hasil yang tidak memuaskan dan tidak benar-benar baik, tidak sesuai dengan apa yang di harapkan para pembaca".

Itu memang benar dan tak salah lagi. Tetapi saat ini kita tengah bermain di waktu atau mengejar waktu. Karna selain menulis, masi ada hal lain yang perlu di utamakan dalam sehari.

Antara hobby dan kebiasaan menulis dan waktu yang singkat dan padat. Hari pertama atau hari ini, kita memang menciptakan hasil yang tidak sesuai dengan yang di harapkan para pembaca. Karna di kerjakan dalam waktu yang singkat dan terburu-buru.

Tetapi seiring berjalannya waktu, maka kita akan semakin terlatih dalam menulis cepat dan di waktu yang singkat. Hingga pada akhirnya kita akan menciptakan hasil yang memuaskan, dimana itu dikerjakan di tengah padatnya pekerjaan. Atau sebut saja di waktu yang singkat.

Sehingga akan menjadi kebiasaan dan akan tertanam dalam diri kita sebagai seorang penulis cepat tanpa harus menunggu waktu yang benar-benar tepat untuk bisa menulis.

Maka dengan itu, kita pun akan tetap bisa terus menulis dalam sehari. Walau waktu singkat dan pekerjaan dan aktifitas yang padat...

Mari terus lah untuk menulis dan tetap lah semangat selalu.

Semoga bermanfaat...



Penulis: (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memanfaatkan waktu yang singkat untuk terus menulis"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel