Perhatikan beberapa hal ini sebelum kamu update status di facebook

Lakukan beberapa hal ini sebelum update status di facebook

Kita tahu sendiri bahwa facebook itu adalah media sosial yang terbilang paling banyak penggunanya bila di bandingkan dengan beberapa media sosial lain seperti twitter, instagram dan lain sebagainya.

Jelas saja semua kalangan ada di facebook, mulai dari orang tua, remaja sampai anak SD pun ikut bergabung dan menggunakan facebook.

Dengan banyaknya orang yang terhubung dengan facebook, lantas apa yang ada dalam pikiran kamu selaku pengguna facebook ketika melakukan banyak hal dan aktifitas yang dapat dilihat oleh banyak orang ?

Aktifitas atau kegiatan yang paling umum dan paling banyak disukai oleh pengguna facebook sendiri ialah, "Update status" dan "Upload foto/video".

Dan itu terbuka, di share secara publik dan dapat dilihat mau pun dikomentari oleh setiap orang yang terhubung dengan facebook.

Tidak peduli ia dari mana, tinggal dimana, berteman atau tidaknya. Terpenting, selagi dia masih terhubung dengan yang namanya facebook, maka ia akan dapat melihat dan menanggapinya.

Saya sendiri, terbilang belum cukup lama bergabung di facebook. Kalau gak keliru, seingat saya sekitar 8 tahunan sejak 2010 lalu saya bergabung di facebook.

Dan selama saya di facebook, di antara banyak grup maupun komunitas tempat saya jelajahi, setelah saya survei dengan logika sederhana saya, ternyata sama saja dan hanya sedikit perbedaannya.

Persamaan yang paling mendasar terletak pada setiap kegiatan update statusnya, yang berkaitan dengan aktifitas maupun perasaan kesehariannya di dunia nyata.

Lantas apakah itu menjadi pokok permasalahan yang paling mendasar ? Tentu saja tidak.

Karna itu tergantung dari setiap penggunanya maupun pribadi orangnya. Selagi itu tidak mengganggu kenyamanan setiap orang yang terhubung di facebook, terlebih setiap orang yang membacanya.

Namun, dibawah ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, terlebih kita selaku pengguna facebook yang tiada hari tanpa update status di facebook.

Seperti tadi yang sudah saya tuliskan di paraggraf paling awal

"Bahwa ada banyak sekali orang yang terhubung dengan facebook, yang dapat melihat dan mengkomentari setiap kegiatan maupun aktifitas yang kita lakukan sehari - hari di facebook".

Baik itu berupa update status, upload foto, video, dan banyak lainnya yang dishare secara terbuka kepada publik yang terhubung dengan facebook.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM UPDATE STATUS DI FACEBOOK

- GUNAKAN KATA YANG BAIK DAN DAPAT MEMOTIVASI

Sebagai mana tadi yang sudah saya sebutkan, bahwa dalam update status kebanyakan pengguna facebook itu sama, yaitu berdasarkan dengan aktifitas dan perasaan pribadi mereka di dunia nyata.

Namun itu bukan menjadi masalah, selagi kita menggunakan kata dan bahasa yang baik yang tidak mengganggu kenyamanan banyak orang maupun setiap pembaca yang terhubung dengan facebook.

Dengan menggunakan kata - kata yang mengandung unsur - unsur kebencian, menghina agama, sara, memecah belah banyak pihak dan kata - kata kotor lainnya.

Selain dapat berdampak buruk terhadap account facebook kita sendiri, dimana itu bisa saja di blokir oleh pihak facebook ketika seseorang yang terhubung di facebook merasa tidak nyaman dan langsung melaporkannya.

Itu juga adalah kegiatan yang dapat memperlihatkan akhlak dan karakter kita yang sebenarnya kepada banyak orang. Seberapa buruk sikap dan prilaku kita sendiri, dan seberapa jelek kebiasaan pribadi kita sehari - hari di dunia nyata.

Dengan itu, gunakan lah kata - kata yang baik yang dapat memotivasi dan memberikan pesan - pesan penting terhadap banyak orang yang terhubung di facebook.

Meski itu hanya status terkait tentang prasaan dan kegiatan kita sehari - hari di dunia nyata, tetapi memberikan banyak pesan - pesan penting dan dapat memotivasi banyak orang yang terhubung dengan facebook.

Dan tidak mengundang kebencian

Dalam hal ini, bukanlah semata karna kita berharap akan terlihat lebih baik di mata banyak orang yang terhubung di facebook.

Tetapi, mari kita lakukan apa yang seharusnya kita lakukan, meski itu hanya lewat sebuah status dan tulisan yang dapat menjaga kenyamanan dan perasaan maupun persatuan banyak orang dari berbagai daerah, yang mungkin terhubung dengan facebook.

Hal ini juga sangat berguna bagi kita selaku pengguna facebook, selain dari menjaga perasaan dan persatuan banyak orang yang terhubung dengan facebook, status kita juga akan mendapatkan banyak tanggapan yang lebih baik dan berkualitas setiap kali update.

Tentu saja dengan itu pasti akan semakin mengoptimalkan dan meningkatkan jumlah folower yang lebih banyak dan tanggapan atau Like yang melimpah dari berbagai daerah.

Mungkin kita bisa melihat sendiri saat ini bahwa ada banyak sekali pengguna facebook yang frustasi karna susahnya untuk memperoleh Like di setiap kali ia update status.


Baca juga: Cara menterjemahkan status facebook yang di tuliskan dalam bahasa asing
Adanya tanggapan negatif dari berbagai pengguna facebook lainnya, yang kurang menyenangkan dan bertantangan dengan apa yang ia tuliskan di setiap kali ia update status.

Tentu itu menjadi sebuah tanda tanya ? Kenapa dan ada apa ?

Beberapa faktor mungkin saja terjadi karna setiap kali ia update menggunakan kata kotor, mengundang kebencian dan berbau negatif yang banyak orang yang terhubung dengan facebook tidak menyukainya lalu angkat bicara lewat komentar dan berbagai tanggapan negatif.

Dan banyak lainnya lagi, yang pastinya membuat banyak orang lain yang terhubung di facebook tidak menyukainya.

- BERIKAN SETIAP TANGGAPAN BAIK ATAU KOMENTAR PADA SETIAP STATUS LAIN

Disamping itu juga, ada banyak pengguna facebook yang cuek dan pelit, pada akhirnya hidupnya terasa sangat membosankan setiap kali ia menggunakan facebook. Sehingga ia mencari - cari solusi untuk mendapatkan lebih banyak tanggapan dan Like dari banyak orang.

Padahal dia sendiri pelit dan tidak mau menanggapi atau menjempoli setiap update atau status pengguna lain, terutama folowernya sendiri.

Dengan itu, jadilah pengguna facebook yang baik dan ramah, luangkan lah waktu untuk menanggapi dan mengkomentari setiap update status pengguna lain yang terhubung dengan facebook, terutama folower sendiri.

Disamping dapat semakin mempererat dan menjalin tali pertemanan yang lebih baik selama di facebook, itu juga adalah point utama yang harus kita lakukan sebelum update untuk mendapatkan respon balik yang lebih baik dari apa yang kita berikan pada status orang lain.

Namun pastikan, seperti tadi yang sudah saya sebutkan di atas, "jangan menggunakan kata dan bahasa kotor yang mengundang kebencian dan kegaduhan".

Karna sebanyak apa pun kamu memberi tanggapan dan merespon pada status lain, jika kamu menggunakan kata dan bahasa yang tidak disukai di setiap update, maka sama saja dengan cari masalah.

Intinya, jadilah pengguna facebook yang baik atau teman yang baik dan tidak pelit untuk memberi respon yang baik pula.

- WAKTU UPDATE YANG TEPAT DAN TERATUR

Selain itu, berikut yang perlu kamu perhatikan ketika update maupun sebelum update status di facebook untuk menghindari terjadinya spam.

Spam ada beberapa bagian, dan sala - satunya adalah berupa Link share di facebook yang mengandung link negatif dan dapat mengarahkan setiap pengguna yang mengunjungi kesitus yang tidak di inginkan.

Spam juga bisa berupa update atau status yang mengandung kata kotor dan menghina setiap orang yang terhubung di facebook.

Spam juga bisa berupa update status tanpa waktu yang terus menerus dan dapat memenuhi setiap beranda masing - masing pengguna facebook atau folower.

Dengan itu, buatlah jadwal update dan update lah pada waktu yang tepat, agar tidak memenuhi beranda setiap pengguna maupun folower, yang pada akhirnya akan di anggap sebagai spam.

Apalagi saat ini facebook auto Refresh nya terbilang cukup lambat untuk pengguna mobile, dimana dalam satu hari masih akan terus menampilkan update yang lebih lama sampai kehalaman berikut.

Mungkin karna terlalu banyaknya pengguna facebook, jadi auto refreshnya jadi melambat dan tidak berkerja cepat. Atau mungkin saja hanya khusus untuk pengguna mobile saja.

Jadi hindari hal - hal yang dapat berdampak buruk dan perhatikan beberapa hal penting sebelum update status di facebook.

- HINDARI TAG ATAU JANGAN TAG FOLOWER DI STATUS YANG TIDAK JELAS

Dalam update status, kebanyakan pengguna facebook men tag atau menandai temannya di dalam perasaan atau setiap update, terlebih pengguna facebook jaman now.

Men tag teman dalam sebuah status memang sangat disarankan oleh "Mark", menandakan bahwa status tersebut ada kaitan dan hubungannya dengan teman atau orang yang kena tag.

Tetapi yang perlu kamu perhatikan dalam hal ini, pastikan orang yang kamu tag benar - benar ada hubungannya dengan status tersebut, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak di inginkan

Kenapa ? Karna orang atau teman yang kena tag akan mendapatkan pemberitahuan yang sama ketika ada orang lain mengkomentari dan menanggapi status tersebut.

Adapun folower yang kamu tag dalam sebuah status yang tidak ada hubungannya sama sekali dengannya, namun pastikan status yang mengandung tag sangat berkualitas dan wajib untuk di beritakan.

Karna sangat menjengkelkan jika pengguna facebook mendapatkan pemberitahuan terus menerus pada status yang sama sekali tidak ada hubungannya dengannya, bahkan ia tidak menyukainya.

Jadi bila perlu jangan lakukan tag pada status yang tidak berkualitas atau pada teman maupun folower yang tidak ada hubungannya sama sekali.

Karna itu bisa saja mengundang kebencian dan merusak pertemanan antara sesama pengguna facebook.

- GUNAKAN HASTAG YANG BENAR

Apa itu hastag ?

Saya rasa sejauh ini kamu di facebook, kamu pasti sudah tahu apa itu hastag. Jadi saran saya dalam hal ini, jika kamu pengen update status, maka gunakanlah hastag yang benar.

Untuk membantu mengarahkan teman atau orang yang terhubung dengan facebook menuju ke halaman - halaman atau orang tertentu yang tercantum dalam hastag.

Saya rasa untuk hastag saya tidak perlu membahas terlalu jauh, karna mungkin kamu sudah tahu banyak mengenai hastag dan cara menggunakan hastag yang benar di facebook.

Namun dalam hal ini, yang paling saya tekan kan ialah perhatikan lah beberapa hal yang saya tuliskan di atas sebelum kamu melakukan update status.

Sepenting apa dan apa manfaatnya untuk kamu, saya rasa kamu pasti akan mengetahuinya jika memang kamu adalah seorang pengguna facebook yang tiada hari tanpa update status.

Penulis: (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perhatikan beberapa hal ini sebelum kamu update status di facebook"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel