Dana bantuan yang disalurkan pemerintah tidak tepat sasaran



Dana bantuan yang di salurkan oleh pemerintah terang saya katakan tidak tepat sasaran, tidak benar - benar di nikmati oleh kalangan miskin yang layak dan benar - benar membutuhkan.

Entah itu berupa dana tunai, rumah dan lain sebagainya yang di salurkan oleh pemerintah di berbagai plosok - plosok desa tertentu.

Kenapa ? Karna bisa saja tim pemerintahan tidak langsung datang dan meninjau di lapangan, hanya berdasarkan data yang dikirimkan atau yang ada di pusat sana.

Sementara sebenarnya belum tentu rakyat atau kalangan miskin yang benar - benar membutuhkan mendapatkan dan menikmatinya. Atau bahkan malah sebaliknya.

Salah - satunya contoh dalam kejadian nyata di tempat atau di daerah saya (DESA SIMALUAYA, KECAMATAN PULAU PULAU BATU, NIAS SELATAN, SUMATERA UTARA).

Yang sudah jelas penghasilannya sehari - hari itu malah yang mendapatkan bantuan yang disalurkan oleh pemerintah. Yang punya kapal laut atau kapal ikan itu malah yang mendapatkan dan menikmati bantuan dari pemerintah.

Yang punya mata pencarian atau peluang usaha itu malah yang mendapatkan bantuan yang di salurkan oleh pemerintah. Yang punya suami dan suaminya pekerja keras, disitu malah di berikan bantuannya yang di salurkan dari pemerintahan.

Sementara mereka miskin yang layak yang benar - benar membutuhkannya, yang tidak punya peluang usaha, yang tidak ada suami dan rumahnya sudah tidak layak malah sama sekali tidak dapat menikmati apa pun yang disalurkan oleh pemerintah.

Begitu kah data yang di kirimkan di pusat, yang berdasarkan data dari berbagai daerah ? Atau memang begitu program dana - dana bantuan yang di salurkan oleh pemerintah ?

Saking penasarannya saya sampai mencoba bertanya kepada salah - satu aparat kelurahan desa daerah dimana saya berada, karna hampir tiap hari tiap bulan ada pendataan kemiskinan oleh aparat desa.

"Hari ini pendataan kemiskinan, semua yang tidak mampu di data, tetapi besok pas dananya turun malah orang yang mampu yang mendapatkan, kok bisa gitu?" Tanya saya.

"Kami juga kurang tahu, yang jelas kami sudah mendata semuanya dan datanya kami kirimkan ke pusat, jadi orang itu yang memilihnya".

Jelas ini membingungkan sekali, pantas saja bukan orang yang benar - benar layak dan membutuhkan yang mendapatkan dana saluran bantuan dari pemerintah. Ternyata semua di data toh ? Bukan cuma orang miskin layak saja.

Maka dari itu untuk 2018 kali ini atau kedepan, kami harap tim dari pemerintahan pusat benar - benar mensurvei dan turun kelapangan langsung untuk mengechek siapa saja yang benar - benar layak mendapatkan dan saluran bantuan yang di turunkan oleh pemerintah.

Karna kasihan itu orang - orang miskin layak dan tidak mampuh dan benar - benar membutuhkan malah seperti tidak di hiraukan dan disisihkan.

Terutama untuk Pak Jokowi, tolong lah itu tim pemerintahan - nya benar - benar di pantau untuk bantuan atau dana - dana yang akan di salurkan kedepan. Agar tepat sasaran dan benar - benar di nikmati oleh orang - orang yang membutuhkan.

Penulis (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dana bantuan yang disalurkan pemerintah tidak tepat sasaran"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel