Medsos lebih panas dari sebelumnya pernah kamu ketahui



Dimana pada sebelumnya media sosial semakin memanas, kini bahkan semakin lebih panas saja.

Sebagai mana yang saya angkat pada topik artikel beberapa waktu lalu. Bahwa media sosial sudah banyak di manfaatkan untuk menyebar berita palsu yang dapat memecah belah berbagai pihak.

Kini media sosial kembali lebih panas, dan bahkan lebih di manfaatkan untuk saling menghina suku bangsa dan agama satu sama lainnya. Antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Menurut pandangan saya, dimana pada sebelumnya banyak kalangan yang telah salah memanfaatkan media sosial. Dan bahkan sekarang semakin parah. Dan saya yakin sekali akan lebih parah lagi dikedepan hari nanti, jika tidak secepatnya di cegah.

Saya terbilang bertahun di dunia maya, internet, atau dunia googling. Namun, saya tidak mengatakan kalau saya adalah orang yang terbilang lama di media sosial.

Saya selalu mengamati tiap - tiap kegiatan di berbagai grup dan komunitas yang ada di media sosial. Di mana tempat saya bergabung bersama banyak orang dan berbagai topik dan pembahasan dalam sehari.

Jelas saja saya tuliskan dalam hal ini dengan tegas, bahwa media sosial lebih ganas dari yang sebelumnya lebih memanas.

Sala - satunya yang dapat saya paparkan biar jelas dan tak fitnah begitu. Di grup - grup dan komunitas yang berbau politik yang sering membahas soal dunia politik, sering sekali saya temukan ber macam TS atau posting yang kerap kali saling menyinggung dan memojokan antara agama satu - sama lain.

Mungkin dalam hal ini perlu juga saya sarankan kepada anda semua pengguna media sosial. Beranjaklah dari zona nyaman anda untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya di sekitar anda.

Maksudnya, anda sebagai pengguna media sosial, bisa langsung memantau dan mengamati sekalian jalan - jalan di berbagai grup dan komunitas yang ada di media sosial. Agar lebih mengetahui dan mengerti apa yang terjadi .

Selanjutnya, di grup - grup dan komunitas yang sengaja di buat khusus untuk topik yang membahas antara agama dan suku bangsa. Dimana satu - sama lain saling ber adu mulut, ber debat dan saling menyinggung dan memojokan agama lain.

Waw ! Ini kayaknya lebih ganas dari yang pernah kita ketahui sebelumnya...

Di tengah lebih memanasnya media sosial dari yang lebih panas sebelumnya, saya selaku yang sering melihat mengetahui dan mengamatinya setiap hari, berusaha untuk tetap tenang dan tidak ikut memanas.

Walau pun macam TS dan posting, atau kata - kata dan komentar yang menurut saya tidak layak dan tidak seharusnya untuk di publikasikan ke public, membuat saya terpancing. Tetapi saya berusaha agar tetap cool dan tenang.

Saya harap juga anda bisa seperti itu, setelah banyak mengetahui apa yang terjadi di sekitar anda di media sosial. Tidak mudah terpancing, tidak memanas seiring panasnya arena media sosial saat ini.

Namun meskipun demikian, prinsip saya tetap mengambil langkah yang seharusnya dan sewajarnya untuk saya lakukan.

Haruskah kita melihat dan hanya menikmatinya saja? Atau haruskah kita ikut mendukung hal - hal yang dapat memecah belah yang saat ini terjadi di sekitar kita ? Atau haruskah kita ikut serta di dalamnya ?.

Tentu saja tidak ! Sebagai mana langkah yang sering saya lakukan, yaitu dengan melaporkan langsung tiap - tiap account yang melakukan kegiatan atau hal yang memecah belah, menghina, menyinggung dan saling memojokan agama satu sama lain kepada pihak media sosial.

Agar account nya langsung saja di banned, di blokir atau di hapus oleh tim media sosial jika terdapat melakukan hal - hal sedemikian.

Media sosial mungkin saja tiap tahunnya bisa saja lebih memanas, karna ulah orang - orang atau kalangan yang salah untuk memanfaatkan atau menggunakan nya.

Tetapi, untuk masa depan dan persatuan - persatuan suku dan bangsa, terutama agama ? Kita harus memberantas dan menyingkirkan siapa saja yang mencoba untuk melakukannya. Mesti itu dengan cara kita sendiri.

Melaporkan hal - hal atau kegiatan yang yang dapat memecah belah kepada tim media sosial, akan lebih baik dan segera untuk mereka tidak lanjuti. Dengan cara memblokir atau meng hapus siapa saja yang terdapat melakukan nya. Meskipun nantinya akan tetap ada dengan nama dan orang yang berbeda.

Bila di bandingkan dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib, mungkin akan lama prosesnya. Dan mungkin sangat besar kemungkinan untuk di tanggapi. Karna pada umumnya, banyak pengguna media sosial yang menggunakan account dan data diri palsu.

Sehingga membuat pihak berwajib menjadi malas untuk menanggapi dan menindak lanjutinya. Karna ujung - ujungnya palsu dan tidak jelas asal - usulnya.

Dengan itu, seiring panasnya arena media sosial saat ini, maka kita selaku pengguna media sosial tidak bisa hanya melihat dan menikmatinya. Karna jika tidak, kita berarti sama saja mendukung setiap orang yang melakukan hal - hal dan kegiatan yang dapat memecah belah persatuan, suku bangsa, bahkan agama.

Penulis: (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Medsos lebih panas dari sebelumnya pernah kamu ketahui"

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel