Manfaatkan facebook untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan



Jika ada yang bertanya kepada saya tentang facebook, maka bagi saya facebook adalah sebagai sumber untuk mendapatkan berbagai pengalaman pengetahuan dan membuka wawasan yang lebih baru.

Lalu bagai mana mungkin kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan pengalaman maupun membuka wawasan lewat facebook, jika folower atau pertemanan kita sendiri terbilang sedikit ?.

Jelas itu adalah hal yang konyol dan tidak masuk di akal. Karna bagai mana pun sebagian besar sumber pengetahuan dan pengalaman maupun wawasan yang akan kita temukan di facebook, ialah dari pertemanan dan folower kita sendiri.

Baik itu berupa informasi, berita, pengalaman pribadi, hoby, karir dan lain sebagainya yang mereka update lewat sebuah status di setiap kabar berita facebook.

Nah, jelas dalam hal ini kita selaku pengguna facebook, harus pintar - pintar dalam mengelolah facebook. Mencari setiap informasi dan berita yang dapat menambah ilmu pengetahuan yang membuka wawasan baru buat kita. Agar terasa lebih bermanfaat.

Karna jika tidak, maka akan semakin terasa bahwa facebook itu sama sekali tidak ada manfaat nya untuk kita, dan bahkan hanya merugikan diri kita sendiri saja. Baik itu waktu kita, maupun $ kita buat beli paket data.

Lantas bagai mana cara kita untuk memanfaatkan facebook agar menjadi sarana untuk mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dapat membuka wawasan yang lebih baru bagi kita ?.

Simak beberapa langkah di bawah ini...

Perbanyak pertemanan dan folower

Menurut pengalaman pribadi saya selama di dunia maya, langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah; dengan memperbanyak pertemanan dan folower kita sendiri di facebook.

Kenapa demikian ? Karna dengan banyaknya pertemanan maupun folower kita, maka akan semakin banyak pula berbagai informasi maupun berita yang akan kita temui dari mereka di facebook dalam sehari.

Untuk itu saya paling senang jika banyak pertemanan dan folower dari berbagai penjuru, bahkan dengan orang yang tidak saya kenal sekalipun.

Karna itulah sumber utama bagi saya untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang dapat membuka wawasan yang lebih baik, lebih baru dan lebih terbuka.

Apalagi kalau folowernya orang politik, kreatif, bisnis, pintar dalam hal apapun dan profesional. Saya pasti akan pantau terus dan tidak akan pernah mau ketinggalan setiap update informasi dari mereka.

Bergabung di setiap grup di facebook

Seperti tadi yang sudah saya tuliskan, jika pertemanan dan folower kita terbilang sedikit, jelas akan sulitnya bagi kita untuk mendapatkan berbagai informasi dan berita, maupun pengalaman dan pengetahuan yang dapat membuka wawasan yang lebih baru dan lebih baik.

Maka, sala - satunya jalan ialah; dengan bergabung di berbagai grup maupun komunitas yang ada di facebook.

Namun, ada banyak grup di facebook dengan berbagai topik pembahasan dan aturan di setiap masing - masing grup. Jadi kita harus pandai untuk menentukan di grup mana saja yang cocok untuk kita bergabung, yang mungkin dapat membuka wawasan dan menambah pengalaman maupun pengetahuan kita.

Seperti di grup politik, bisnis, resep masak, berita, dan di grup - grup yang berbagi pengetahuan dan pengalaman lainnya. Selagi topiknya pembahasan nya tidak berbau negatif dan tidak mengandung sara dan unsur - unsur kebencian yang dapat memecah belah berbagai pihak.

Kalau saya sih, paling senang bergabung di grup - grup politik dan berita yang membahas informasi seputar tanah air. Tujuannya agar saya dapat mengetahui setiap berita dan informasi terbaru seputar tanah air.

Ikuti setiap orang - orang tertentu di facebook

Untuk memanfaat kan facebook agar menjadikannya sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan pengalaman yang dapat membuka wawasan baru bagi kita, maka kita tidak bisa terlalu bergantung pada pertemanan dengan orang - orang yang kita kenal saja.

Tetapi, kita juga butuh orang - orang baru yang tidak kita kenal yang berada di tempat dan daerah lain selain di daerah dan lokasi tempat kita berada.

Dengan itu kita di haruskan untuk mengikuti setiap orang - orang tertentu di facebook, untuk mengetahui setiap aktifitas dan kegiatan mereka yang mungkin dapat menambah pengalaman dan membuka wawasan yang lebih baru bagi kita.

Tapi hanya orang - orang tertentu saja, tidak semua orang yang ada di facebook harus kita ikuti. Karna itu juga bisa berdampak buruk bagi kita, jika kita mengikuti sembarangan orang - orang yang tidak kita kenal di facebook. Apalagi jika sampai langsung menambahkan mereka untuk menjadi teman kita.

Biasakan dan budayakan membaca

Tanpa membaca, maka jangan harap kita akan dapat memanfaat kan facebook menjadi sarana untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, yang dapat membuka wawasan yang lebih baru.

Dulu kita memanfaat kan buku - buku bacaan untuk mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengetahuan. Nah, di era digital yang serba moderen saat ini, ada banyak sumber bacaan online yang dapat kita manfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan yang membuka wawasan.

Jelas saja itu termasuk facebook bukan ?

Maka untuk itu, biasakan dan budayakanlah membaca setiap informasi dari setiap teman maupun folower kita yang ada di facebook. Agar kita bisa memperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan yang membuka wawasan yang lebih baik dan lebih baru dari facebook.

Jangan sampai lupa untuk membaca berbagai informasi maupun berita, hanya karna asik dengan berbagai fitur yang ada di facebook yang mampu menghibur kita sehari - hari. Karna itu hanya akan merugikan diri kita sendiri. Baik itu waktu kita, maupun uang kita.

Positif dalam menanggapi setiap hal dan informasi yang ada di facebook

Dengan banyaknya pertemanan maupun folower kita di facebook, maka sudah di pastikan saja kalau kita akan kebanjiran dengan berbagai informasi maupun berita yang mereka update sehari - hari.

Nah, dalam hal ini, kita harus positif dalam menanggapi setiap informasi maupun berita yang kita temui sehari - hari dari berbagai teman dan folower kita di facebook.

Cerna dengan lebih baik, agar setiap informasi yang kita temui, dapat menambah pengetahuan dan membuka wawasan yang lebih baru dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Karna setiap informasi maupun berita yang kita temui di facebook, pasti saja mengandung unsur - unsus positif dan negatif. Namun, tergantung dari cara kita dalam menanggapinya agar dapat menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi kita sendiri.

Terutama jika kita ingin memanfaat kan facebook agar menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan pengalaman yang membuka wawasan bagi kita dalam sehari hari ?.

Jelas beberapa hal yang sudah saya sebutkan di atas, sangat penting sekali untuk kita terapkan dan manfaat kan. Agar kita bisa memperoleh pengetahuan dan pengalaman serta dapat membuka wawasan yang lebih baik lagi di facebook.

Karna jika tujuan utama kita di facebook hanya untuk hiburan dan mengisi waktu semata bersama teman ? Maka lambat laon, kita pasti akan merasa bosan. Dan semakin lama akan semakin terasa, bahwa sebenarnya facebook hanyalah merugikan diri kita sendri.

Maka dengan itu, kita selaku pengguna facebook harus cerdas dan pintar - pintar untuk menggunakan dan memanfaatkan nya agar bisa bermanfaat untuk kita sehari - hari.

Anggap saja kita bayar untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman lewat facebook, dengan waktu dan uang kita setiap harinya.

Jadi kita harus manfaatkan dan jangan sia - siakan. Agar waktu dan uang yang kita korbankan sehari - hari di facebook, tidak terbuang begitu saja.

Saya rasa cukup sampai disini, dan mohon maaf jika ada kata dan bahasa maupun penulisan yang susah untuk di mengerti.

Penulis: (Watriman


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaatkan facebook untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel