Aku dan bahasa batak | Watriman Bago



Belajar ber bahasa memang sangat sulit. Apalagi jika kita sampai benar - benar terfokus untuk mendalami dan mempelajarinya.

Menurut versi saya dalam belajar ber bahasa, ada baiknya jika jangan terlalu mendalami atau disengaja meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Karna bisa saja memicu datangnya stres dan terasa akan sangat membosankan sekali.

Tiap - tiap bahasa yang ada di dunia, selalu menyediakan masing - masing kamusnya. Tujuan nya ialah, untuk mempermudah siapa saja yang ingin mempelajarinya. Entah itu bahasa Internasional, maupun bahasa tiap - tiap daerah.

Namun, ada banyak sekali orang - orang yang pandai berbagai bahasa tanpa belajar dari kamus yang ada. Seperti bahasa - bahasa daerah dan lain sebagainya.

Seperti saya dan bahasa batak

Pada mulanya, saya tidak ber maksud untuk mendalami apalagi sampai benar - benar untuk mempelajarinya. Tetapi waktu dan keadaan menempatkan saya di tengah orang - orang yang hari - harinya selalu berbicara dalam bahasa batak.

Sehingga saya bisa mengerti beberapa kata dasarnya. Seperti; "Makan, Mimum, Mandi, Tidur, Kerja, Dan lain sebagainya yang sering disebutkan kala mengobrol dalam sehari - hari.

Meskipun demikian saya tidak sengaja untuk mempelajari dan mendalaminya, tetapi karna saya sering mendengar dalam sehari - hari, akhirnya saya dapat mengerti sedikit demi sedikit walau tidak semuanya.

Namun ternyata tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Karna pada akhirnya kata dasar yang sudah saya ketahui satu persatu, membuat saya seolah ingin berbicara atau mengobrol dengan orang dalam bahasa batak.

Tetapi waktu dan keadaan kembali tidak mendukung. Sehingga membuat saya terpisah jauh dari orang yang hari - harinya berbicara dalam bahasa batak.

Haruskah saya melupakan apa yang pernah saya ketahui selama bersama dengan orang batak ? Jawabannya, tentu tidak. Karna itu adalah suatu kebersamaan atau moment yang sangat berharga.

Sehingga pada akhirnya membuat saya semakin ber semangat, dan mencari solusi agar bagai mana saya bisa kembali terhubung dengan orang - orang yang dalam seharinya berbicara dalam bahasa batak.

Bahasa daerah, memang bukanlah seperti bahasa Internasional yang bisa di gunakan kapan saja dan di mana saja kita berada. Tetapi, seseorang yang bisa mengerti dan berbicara dalam bahasa daerah, itu sungguh sangat luar biasa sekali. Terutama bahasa daerah batak.

Untuk itu, solusi yang dapat saya temukan ialah dengan bergabung di grup - grup dan komunitas orang batak yang ada di media sosial. Yang sehari - harinya berdiskusi dan saling mengobrol dalam bahasa batak.

Dengan kata dasar, logat dan gaya berbicara yang pernah saya ketahui pada sebelumnya, ternyata semakin mempermudah dan memperlancar saya untuk mengobrol dengan orang - orang dalam bahasa batak.

Dan akhirnya, walau pun saya bukan orang batak, tetapi saya bisa berbicara dan mengobrol dengan lancar dalam bahasa batak. Kapan pun dan dimana pun.

Dalam belajar ber bahasa, ada banyak cara dan trik yang dapat untuk kita gunakan dan terapkan. Agar cepat di pahami dan mudah untuk di mengerti dengan benar.

Terkadang cara yang tepat agar cepat di pahami dan di mengerti ialah dengan berada di tengah - tengah orang yang sehari - harinya berbicara dan mengobrol dengan bahasa yang ingin kita pelajari.

Tetapi terkadang waktu keadan dan tempat tidak mendukung dan tidak seperti yang di harapkan. Hingga akhirnya sebagian orang lebih memilih untuk belajar dari beberapa kamus yang sudah disediakan.

Namun, tidak semua bahasa daerah ada kamusnya. Jadi untuk belajar ber bahasa daerah, berada di tengah orang - orang yang sehari - harinya berbicara dalam bahasa daerah, mungkin itu lebih tepat dan lebih baik.

Apalagi jika kita mempunyai banyak teman, sahabat yang pandai berbahasa daerah. Entah itu teman kerja, teman sekolah, maupun keluarga. Itu sudah luar biasa.

Penulis: (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aku dan bahasa batak | Watriman Bago"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel