Sering nemu berita hoax di media sosial ? Baca dan ketahuilah


Di dunia maya tidak hanya sekali kita temukan berita 'hoax', baik itu menghina kepala negara, menghina agama dan lambang negara bahkan memecah belah pihak.

Tetapi, hal yang seperti ini sungguh tidak asing lagi kedengarnya bagi saya. Karna saya tahu betul, kalau itu hanyalah orang - orang yang kurang waras, atau sakit jiwa.

Kenapa demikian ? Karna tidak mungkin orang waras yang punya akal sehat akan melakukan tindakan yang memalukan seperti itu.

Saya di dunia maya memang terbilang masih baru, tetapi tiap - tiap acount yang melakukan tindakan semacam itu saya tahu betul, kalau itu hanyalah acount yang ingin tenar dalam sekejap.

Dengan memanfaatkan berita hoax, kata kotor dan menghina berbagai pihak, menjadi alat tempur bagi mereka untuk menjadi tenar dan viral di dunia maya.

Tetapi jujur, cara dan tindakan seperti itu demi mencari ketenaran didunia maya, sungguh sangat tidak main bagi saya. Bahkan saya menganggap hal seperti itu sungguh memalukan .

Untuk itu, dalam menanggapi berita hoax yang ada di media sosial, yang menghina dan memecah belah berbagai pihak, jangan di tanggapi, dikomentari bahkan disukai sekalipun.

Kenapa demikian ? Karna mereka hanya menginginkan hal yang seperti itu sebenarnya, semakin banyak kritik dan komentar, maka mereka pun akan semakin senang.

Karna misi dan tujuan mereka yang sebenarnya itu, bukan tertuju pada isi dan inti dari berita hoaxnya atau yang lain sebagainya.

Ya, terkadang kita selaku manusia, ya wajib untuk merasa dan mengkritiki dan mengkomentari apapun berita hoax yang kita lihat di media sosisial. Karna kita kadang merasa tidak terima atau tidak senang dengan hal atau berita tersbut.

Tetapi dengan ini semoga dapat semakin mendewasakan kita dalam menanggapi setiap berita hoax yang ada dimedia sosial. Agar kita tidak terperangkap dengan jebakan orang yang gila - gila tenar didunia maya.

Apalagi sampai ngeshare dan membagikan postnya sampai kepenjuru dunia, yang ada mereka malah makin senang dan banyak berterimakasih secara tidak langsung.

Lagian kemarin pak jokowi selaku pahlawan kita pernah berpesan seperti ini: "kalo ada berita hoax di media sosial jangan langsung dilahap, tapi dicerna dulu dengan baik".

Oleh: (Watriman)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sering nemu berita hoax di media sosial ? Baca dan ketahuilah"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan baik, komentar yang disertakan dengan link kemungkinan tidak akan di terbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel